Susah Tidur atau Insomnia, Inilah Pilihan Aromaterapi untuk Tidur

  • Bagikan
Susah Tidur atau Insomnia, Inilah Pilihan Aromaterapi untuk Tidur


Sulit tidur mungkin merupakan kondisi umum yang dialami banyak orang. Namun, jika tidak diatasi, sulit tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan, Gengs. Salah satu cara mengatasi sulit tidur adalah menggunakan aromaterapi. Lalu, apa saja sih wangi aromaterapi untuk tidur?

 

Sebelumnya, Geng Sehat harus tahu dulu bahwa aromaterapi adalah metode untuk meningkatkan kesehatan emosional, fisik, dan spiritual menggunakan aroma dari minyak esensial. Minyak esensial adalah minyak alami yang diekstrak dari daun-daunan, bunga, dan jenis tanaman wangi lainnya. 

 

Setiap minyak esensial memiliki komposisi zat kimia, aroma, dan efek yang berbeda-beda satu sama lain. Aromaterapi menggunakan minyak esensial tertentu banyak digunakan di dalam ruangan supaya wangi. Namun ternyata, ada juga wangi aromaterapi untuk tidur, sehingga bisa membantu orang yang sering sulit tidur. 

 

Lalu, apa saja wangi aromaterapi untuk tidur tersebut? Cari tahu di bawah ini ya, Gengs!

 

Baca juga: Wajibkah Bumil Selalu Tidur Miring ke Kiri? Ini Faktanya!
 

Wangi Aromaterapi untuk Tidur

Dari sekian banyak aromaterapi, berikut wangi minyak esensial aromaterapi untuk tidur:

 

1. Lavender 

Penelitian menunjukkan bahwa aroma lavender memiliki efek menenangkan dan membuat kita mengantuk, sehingga baik dijadikan pilihan wangi aromaterapi untuk tidur. Minyak esensial aroma lavender dapat meredakan stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan kualitas tidur. 

 

2. Mawar

Minyak esensial aroma mawar umumnya lebih mahal ketimbang jenis lainnya, karena proses pembuatannya yang juga lebih kompleks. Namun, mawar bisa menjadi pilihan wangi aromaterapi untuk tidur nyenyak. 

 

Menurut penelitian, mawar bisa meredakan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, aromaterapi menggunakan minyak esensial mawar juga bisa meredakan gejala haid pada wanita. 

 

3. Chamomile

Teh chamomile termasuk salah satu jenis teh yang paling banyak disukai. Namun, chamomile dalam bentuk minyak esensial juga menjadi favorit banyak orang. Chamomile termasuk wangi aromaterapi yang dijadikan pilihan untuk membantu mengatasi sulit tidur.

 

Menurut penelitian, chamomile bisa meningkatkan kualitas tidur dan meredakan kecemasan. Bahkan, penelitian juga menunjukkan bahwa aromaterapi dengan minyak esensial chamomile bisa meredakan kecemasan saat proses melahirkan. 

 

Baca juga: Tidur dalam Keadaan Marah Berdampak Serius pada Kondisi Mental
 

4. Melati (Jasmine)

Melati sudah sejak lama digunakan sebagai kandungan atau aroma pada teh dan parfum. Tidak heran jika melati juga termasuk wangi aromaterapi untuk tidur yang menjadi pilihan banyak orang. Dalam aromaterapi, melati sering digunakan juga sebagai antidepresan dan perangsang nafsu birahi. 

 

5. Kayu Cendana

Aroma kayu cendana memang sangat unik dan membuat kita terasa seperti sedang berada di tengah hutan yang menenangkan. Minyak kayu cendana seringkali dijadikan wangi aromaterapi untuk meredakan stres dan kecemasan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kayu cendana memiliki efek sedatif, sehingga bisa membuat Kamu jadi lebih mudah tidur. 

 

6. Peppermint

Peppermint tidak hanya seringkali dijadikan bahan pewangi utama dalam teh, namun juga dijadikan minyak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan. Peppermint termasuk wangi aromaterapi favorit untuk mengatasi sulit tidur. Selain itu, aromaterapi menggunakan minyak peppermint juga bisa membantu membersihkan saluran pernapasan, meredakan kebiasan mendengkur, dan meredakan gejala sleep apnea. (UH)

 

Baca juga: Kurang Tidur Saat Hamil Bisa Menyebabkan Diabetes Gestasional

Sumber: 

Sleep.org. What Are the Best Scents for Relaxation?. Maret 2021.
Early Bird. Best Essential Oils for Sleep. Oktober 2020.
Nihon Shinkei Seishin Yakurigaku Zasshi. Effect of santalol on the sleep-wake cycle in sleep-disturbed rats. Agustus 2007.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *