404 Halaman Tidak Tersedia

  • Bagikan


Apakah Kamu sudah rutin berolahraga, Gengs? Rajin berolahraga memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun saat berolahraga, Kamu juga bisa menjadi pribadi yang ramah lingkungan, lho. Lantas, apakah sajakah tips tetap ramah lingkungan saat berolahraga yang bisa Kamu lakukan?

Tips Tetap Ramah Lingkungan saat Berolahraga

Berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan juga bisa Kamu terapkan melalui berbagai cara ataupun perilaku saat berolahraga. Berikut tips ramah lingkungan saat berolahraga yang bisa Kamu lakukan!

1. Pilih Olahraga yang Ramah Lingkungan

Ada berbagai jenis olahraga yang ramah lingkungan dan tidak meninggalkan jejak karbon, seperti berjalan ataupun berlari. Para ahli merekomendasikan untuk berjalan sekitar 10.000 langkah setiap hari.

Berjalan kaki yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), serta menurunkan kadar gula darah. Ingatlah juga untuk tetap terhidrasi saat melakukan aktivitas fisik yang satu ini. Selain berjalan, Kamu juga bisa rutin berlari ataupun bersepeda.

Baca juga: Yuk, Jaga Lingkungan dengan Beralih ke Produk Rumah Tangga Ramah Lingkungan

2. Lakukan Olahraga di Rumah

Kalau Kamu tidak suka berolahraga di luar ruangan, Kamu juga bisa berolahraga di dalam rumah kok, Gengs. Berolahraga di dalam rumah juga ramah lingkungan dan tidak meninggalkan jejak karbon. Nah, pilihan olahraga di dalam rumah yang ramah lingkungan, di antaranya yoga ataupun senam.

3. Bawa Handuk untuk Mengurangi Penggunaan Tisu

Saat berolahraga, usahakan Kamu juga membawa handuk sendiri untuk menyeka keringat, ya. Hal ini untuk mengurangi penggunaan tisu yang berlebihan saat Kamu berkeringat setelah berolahraga.

Perlu Kamu ketahui bahwa tisu terbuat dari bubur kertas yang berbahan baku pohon. Jadi semakin banyak tisu yang Kamu gunakan, maka semakin banyak pula pohon yang harus ditebang untuk membuat tisu. Karenanya, usahakanlah untuk membawa atau menyediakan handuk saat Kamu berolahraga.

Baca juga: 9 Penyakit yang Disebabkan oleh Pencemaran Lingkungan

4. Bawa Botol Minum Sendiri

Hal yang tidak kalah penting selain handuk ialah membawa botol minum sendiri saat berolahraga. Saat atau setelah berolahraga, Kamu bisa saja merasa haus dan ingin minum. Pasalnya, selama berolahraga tubuh Kamu mengeluarkan banyak cairan.

Nah, dengan membawa botol minum sendiri, Kamu mengurangi membeli air minum kemasan atau mencegah penggunaan botol kemasan plastik sekali pakai. Jadi Kamu tidak hanya mengurangi sampah plastik, melainkan juga menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli air minum dalam kemasan.

5. Gunakan Pakaian atau Peralatan Olahraga yang Ramah Lingkungan

Salah satu tips tetap ramah lingkungan saat berolahraga ialah memilih atau menggunakan pakaian atau peralatan olahraga dengan material yang ramah lingkungan. Kamu bisa memilih pakaian olahraga yang menggunakan bahan katun organik, polyester daur ulang, dan sebagainya. Selain itu, Kamu juga bisa memilih sepatu olahraga atau matras yoga yang ramah lingkungan.

Baca juga: Makanan Organik, Sehat untuk Tubuh dan Lingkungan

Itulah kelima tips tetap ramah lingkungan saat berolahraga yang bisa Kamu terapkan. Apakah Kamu sudah melakukan kelima tips di atas Gengs? Yuk, pelan-pelan ubah perilaku kita menjadi lebih ramah lingkungan! (AS)

Referensi:

Women’s Health. 2013. How to Green Your Fitness Routine.

Reader’s digest Best Health. 3 eco-friendly ways to exercise.

The Guardian. 2019. Fitness tips: eco-friendly ways to exercise.

In Habitat. 2019. 8 tips to make your exercise routine more eco-friendly.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan