Nangka, Buah Eksotis Kaya Manfaat!

  • Bagikan
Fakta Salak -GueSehat.com


Masyarakat Indonesia tentunya sudah sangat akrab dong ya dengan buah nangka. Ya, dikenal sebagai salah satu buah eksotis asal benua Asia, buah nangka menjadi buah favorit banyak orang atau kerap dijadikan bahan campuran makanan dan minuman lain, seperti es buah.

 

Selain memiliki rasa yang manis, ternyata nangka juga memiliki banyak manfaat lho bagi kesehatan tubuh. Nangka kaya akan vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng.

 

Buah ini juga mengandung banyak serat yang rendah kalori, sehingga dipercaya sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat nangka bagi kesehatan, berikut uraiannya seperti dilansir dari Boldsky.

 

1. Menjaga kesehatan kulit

Nangka dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mencegah timbulnya kerutan pada wajah dan membuat kulit terlihat lebih bersinar.

 

Untuk mencegah kerutan, rendam irisan nangka dalam air susu yang dingin selama beberapa menit, kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada daerah wajah yang rawan berkeriput secara rutin, setidaknya dalam waktu 6 minggu. Selain dibuat masker, nangka juga bisa dikonsumsi secara langsung. Jadi, enggak perlu ribet-ribet, deh!

 

2. Kaya akan protein

Nangka memiliki kandungan protein yang banyak, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Kamu yang sedang dalam program diet. Kamu bisa menambahkan nangka sebagai menu sarapan atau camilan sore.

 

Baca juga: 4 Manfaat Buah Semangka
 

 

3. Membantu memelihara kesehatan rambut

Buah nangka memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut serta mengurangi risiko rambut rapuh dan kering. Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsi beberapa iris nangka setiap hari.

 

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, nangka kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan dan mencegah tubuh dari serangan penyakit, seperti pilek, flu, dan batuk.

 

5. Meningkatkan energi

Selain kaya akan vitamin dan antioksidan, nangka juga memiliki kandungan gula alami seperti fruktosa dan sukrosa. Kandungn gula ini sangat baik untuk meningkatkan energimu

 

 

6. Membantu mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dalam nangka dipercaya dapat membantu mengontrol tingkat tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam nangka juga dapat mengurangi kadar homocysteine (bagian dari protein) dalam darah sehingga membantu jantung tetap sehat.

 

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Nangka memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menyehatkan sistem pencernaan, mengatasi konstipasi, dan sistem metabolism tubuh lebih baik.

 

8. Baik untuk penglihatan

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk mengonsumsi nangka setiap hari. Buah ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya degenerasi makula yang dapat menyebabkan katarak. Nangka juga mengandung banyak vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata terutama mencegah rabun senja.

 

9. Meredakan gejala asma

Bagi orang-orang yang didiagnosis mengalami asma dan gangguan saluran pernapasan lainnya, disarankan mengonsumsi nangka setiap hari untuk membantu mengurangi gejala-gejala yang dialami.

 

10. Menjaga kesehatan tulang

Nangka adalah buah yang kaya akan sumber kalsium sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Tingginya kadar potasium pada nangka juga dapat melengkapi kekurangan kalsium melalui ginjal sehingga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, nangka juga memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu memperkuat tulang dan mencegahnya dari kerapuhan seiring pertambahan usia.

 

11. Mencegah anemia

Kandungan vitamin A, C, E, K, B6, niacin, asam pantotenat, folat, magnesium, mangan dalam nangka dapat membantu pembentukan darah dalam tubuh secara alami sehingga dapat mencegah kondisi anemia.

 

12. Menjaga kadar gula darah dalam tubuh

Penderita diabetes seringkali menghindari nangka karena dianggap memiliki pemanis alami yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun, kandungan mangan dalam buah ini justru dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan mencegah penyakit-penyakit terkait.

 

13. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid

Gangguan pada kelenjar tiroid dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Nah, untuk mencegah gangguan pada kelenjar tiroid, konsumsilah buah nangka setiap hari. Kandungan tembaga dalam nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

 

14. Menurunkan risiko penyakit kanker

Kandungan antiosidan dalam nangka dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

 

Selain manis, nangka ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ya, Gengs! Nah, bagaimana? Apakah Kamu sudah berniat untuk menjadikan buah nangka sebagai buah favoritmu? (BAG)

 
Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Buah-buahan

 

 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *